Home » » DRAMA TUGAS SEKOLAH

DRAMA TUGAS SEKOLAH




“ JALAN MENUJU SESAT”

TEMA : USAHA YANG MENYESATKAN
CERITA :

Di sebuah sekolah ada sekumpulan siswa – siswi yang akan melaksanakan UN SMA. Sekumpulan anak tersebut kebingungan karena sudah pasrah dalam menghadapi UN Ahirnya mereka memutuskan untuk memanggil arwah ilmu pengetahuan, yaitu Albert Ainstein. Saat mengadakan ritual tersebut, tiba – tiba ada seorang yang mereka kira arwah datang. ternyata arwah tersebut adalah ibu Mariyem, ibu Ria

TOKOH DAN PENOKOHAN :

1. Firdaus = Ario = Nakal, suka membuat ulah
2. mega = ibu Mariyem = bijaksana, dewasa
3. Retno = Mae = suka berfikir yang aneh aneh
4. Ripti = bu reminah = pemarah
5. tifa = Muslimah = alim, gak mau neko – neko
6. puji = Ria = penakut

RANCANGAN BUSANA :
BABAK 1
- baju putih dan clana putih
- dasi

BABAK 2
- baju sehari - hari

RANCANGAN PROPERTI :
BABAK 1
- kursi kelas 4 buah
- kursi guru
BABAK 2
- lilin
- kembang 7 rupa
- sisir
- tv

RANCANGAN MUSIK :
BABAK 1
- theme naruto sad
- gecko pasti cemburu
- bell sekolah
BABAK 2:
- bell pintu
- dmasive jangan menyerah
- suara burung hantu
- mbah dukun
- lama – lama aku bosan

RANCANGAN SETTING :
BABAK 1
- tempat = ruang kelas
- suasana = gaduh
- waktu = pagi hari
BABAK 2
- tempat = rumah ria
- suasana = menegangkan
- waktu = sore dan malam hari

Lonceng tanda dimulainya pelajaran hari itu berdendang ria. Siswa – siswi kelas XII disebuah SMA negeri di Ponorogo bergegas masuk kelas. Berhubung bu Rem wali kelas XII ipa belum masuk kelas anak – anak gaduh. Tidak lama kemudian bu Rem dating.

1. Ario :(sambil menegok keluar kelas) “woe..bolo-bolo”
2. semua siswa : “woy..”
3. Mae : “naon?”
4. Ario : “bu rem rawuh”

Setelah bu Rem masuk kelas dan meletakkan buju di meja guru, anak – anak berdiri lalu memberikan salam

5. semua murid : “selamat pagi cik gu “( sambil mengelengken kepala)”
6. Bu Rem : “selamat pagi murid – murid, ya silahkan duduk”
7. semua siswa : (gaduh dan berbicara sendiri – sendiri)
8. bu Rem : “ibu mohon silent please!!”
9. Ario : “ok mom…! “(sambil mengacungkan jempolnya)
10. bu Rem : “oya ibu mau Tanya, bagaimana persiapan kalian untuk UN?”
11.Ria : ( gaduh )” iya nich kawan – kawan gimana ini UN tinggal minggu lagi. Udah siap kamu yo?”
12. Ario : “siap apaan. Boro – boro siap, aku aja gak tau apa yang diujikan!”
13. Mae :” wah..parah ente”
14. ria : ( menyela) “iya parah banget. Ini nich kandidat terkuat anak yang kagak lulus”
15. ario :”yach ya jangan gitu donk..sama temen doain yang baik – baik saja?..”
16. mae : “ya bukannya gitu.. kamu sich..!!”
17. bu rem :”udah – udah, sekarang ibu mau keluar dulu untuk rapat.”
18. Ario : “ya bu… sampai jumpa”

Setelah bu Rem meninggalkan kelas, anak anak ramai mengobrol tentang UN

19. ario :” hadech…gimana ini teman teman?”
20. Mae : “apaan yang hadech?”
21. Ario : “eh. By the way, ada bus way lewat, eh any way bus way, kalian semua udah siap buat UN belum sich?”
22. Mae :”em,, kalau mae sendiri sich, udah dibilang 50 % dach..”
23.Ario : “kalau kamu iya mah?”
24. Muslimah :” kalau saya , alhamdulillah udah 50 %lebih gitu..”
25. Ria : “ach kamu tu mah..kalau kamuyo?”
26. ario : ( bergeleng – geleng dengan lemah)

Semua menghela nafas panjang, tertunduk meratapi, naib yang bakal menimpa mereka.tiba – tiba saat mereka termenung bu Rem datang.

27. bu Rem : ( sambil masuk kelas dan mengucapkan salam) “assalamualaikum”
28. semua :” waalaikumsalam”
29. bu rem : ( duduk di kursi)” kenapa kalian semua?”
30. ano : “kami takut!”
31. bu rem : “takut kenapa?ada setan,demit?”
32. Ria :” syukurlah!!”
34. Ario : “syukur,, maksudnya?”
35. Bu Rem : “ya syukur. Ibu bersyukur kalian sudah sadar”
36. Muslimah : “kalian itu menyesal dan meratapi nasib toh kagak bakalan merubah nasib”
37. yang lain :” terus??”(serentak)
38. bu Rem : “sudah – sudah jangan berdebat.”
39. Muslimah : “pasrah aja deh sama nasib, banyakin doa”
40. Bu Rem : “Ya bener kata Muslimah tapi jangan lupa ikhtiar”
41. semua siswa :” Iya bu..
42. BU Rem : “ya sudahlah..selamat belajar ya anak – anak”
- bondan ( apapun yng terjadi ya sudahlah)

Setelah Bu Rem meninggalkan kelas, anak – anak masih berbincang bincang hangat ( mereka semua terlihat berfikir)
43. Ario : “wah…ujung tanduk ni..nyesel banget dulu gak pernah pedulikan UN. Terus kalau begini sekarang harus bagaiman?”
44. Ria : “ada usul gak? Giman biar kita lulus UN”
45. Mae : ( berfikir )”gimana kalau waktu UN kita bolos aja?”
46. Muslimah : “Apa bolos??itu bukan solusi tapi bunuh diri, iya..”
47. ario :” aha..( mengagetkan semua yang ada) aku tahu,,”
48. yang lain : “tau apaan?”
49. Ario : “tahu sesuatu yang bakal nylametin kita dari UN, tak ada jalan yang ain, ini jalan satu satunya”
50. Mae : “eh loe si dugi dagidug apaan sih..cepetan ngomong dech.”
51 Ario :” iya…iya..( menarik nafas ) ini bisa disebut ritual sesat. Kita bakal minta bantuan ama arwah ilmu pengetahuan.”
52. yang lain :” haaa??? “( serentak )
53. Ario :” udah dech, kita bicaraen nanti pulang sekolah dirumah Ria aja..”


- BABAK 2



TEKS
Setelah pulang sekolah dan mereka berganti pakaian.Mereka bergegas kerumah Ria sekitar pukul 14.00 WIB anak-anak teah berkumpul di rumah Ria.

54. Ario : “Ya semuanya siap…..?”(serius)
55. Ria :” Siap-siap apaan ?”
56. Ario : “Siap untuk ritual,mau gak?”
57. Mae :” Bentar –bentar kita jadi panggil arwah ya?”
58. Ario : “Yaaaaaaaa…….. begitulah. Gimana nich jadi ikut gak?”
59. May : “Ya aku ikut dech biar lulus juga.”
60. Ria :” Ah tapi aku takut gimana nich?”
61. Ario : “Pikir dech, Ria sekarang kalo gak lulus UN kita mesti ngulang lagi aku gak mau”
62. Muslimah : “Wah gagak bisa nich.Syirik ni namanya dan musrik”
63. Ario :” eh, jadi gimana kamu muslimah ikut gak?”
64. Muslimah : “Ikut aja dech dari pada nanti gak lulus sendirian katanya kita mesti berdoa dan berusaha.berdoa udah, sekarang ni kita anggap usaha aja.”
65. Ria : “ya udah aku juga ikut saja.”
66. Mae : “Nah gitu donk itu baru namanya temen.”
67. Ario : “Terus ritualny kapan ?”
68. Ria : “Entar malam aja dech.”
69. Muslimah : “Terus apa saja yang perlu kita siapin?”
70. Mae :” Cuma kembang 7rupa saja.”
71. Ria : “Tapi arwah siapa yang kita undang?”
72. Ario : “Gimana kalao albert Aenstein ?diakan bisa segalany?”
(semua mengangguk setuju)
73. Muslimah :” Terus barang yang kita kasih buat Einstin apaan?”
74. Mae : “Sisir aja? Kan rambutnya pada awut-awutan gitu kali aja dia kagak punya sisir”
75. Semua : “Setuju………”
76. Ario : “Oke entar malem semua harus sudah kumpul di sini”

Setelah kesepakatan di buat mereka pulang.Malam harinya mereka datang satu persatu kerumah Ria.

77. Mae : “Gimana semua perlengkapan sudah siap?”
78. Ria :”Udah tenang aja.”
79. Ario : “Ya sudah kita mulai ritualny.”
80. Muslimah :”Tapi takut banget nich……”
81. Ria :” Sama aku jga takut”
82. Ario :” Jangan berisik arwahnya pada bangun lo”
83. Mae : “Yang benar saja emang arwah tidur!!”
(Ario membagikan kertas yang bertuliskan mantra-mantra
84. Ria : “Apaan nich?”(sambil membaca tulisan mantra itu)
85. Ario :” Udah baca aja”
86. Muslimah :” Tolong di Bantu ya nanti bilang pura-pura gitu aja. Bim salabin arwah datang ya………”
87. Mae : “Ha ha…………tu”
88. Muslimah : “Alah kamu tu lebai banget sech…..”
(Tiba-tiba muncul sesosok wanita dengan menakutkan,seketika mereka kaget)
89. Ario : “Akhirnya muncul juga”
90. Muslimah :” Astagfirulloh aladzim itu apa??”
91. Mae : (Mendekati wanita itu nampak ragu-ragu) “ehm………permisi mbah”(wanita tu mendelik)”eh bukan maksudnya………”(memandang teman – teman) “gimana nich manggilny???”
92. Arawah : “Panggil saya mama louren !!”
93. Ari : “OH ya saya dan temen-temen .ehm………..minta tolong”(dengan kata yang terbata-bata)”tadi kami berniat memanggil Einstin supaya UN kami berjlan mulus”
94. Arwah :” Benar-benar kurang ajar………….kalian sudah mengganggu tidur panjang saya jadi kalian ni mau instant ta?”
95. Muslimah : “Bukan begitu maksud kami sebab kan sekarang UN sangat sulitmakanya kami terpaksa “

Tiba_iba arwah yang ternyata ibu mariem sadar dari tidurnya

96. Ibu mariyem : (Sambil merentangkan tangan ) “kok kalian ada disini?lho saya kesini tadi mau ngapain ya perasaan saya tadi tidur nyenyak di kamar”
97. Semua :” Apa-apain ni?”
98. Ria : (dengan tampang yg kaget)”Ternyata yang kita takutin tadi ibu to?”
99. Ibu mariyem : “Oe ………ternyata ibu tadi ngigau to?Tapi kalao gak salah ibu tadi denger kata instant-instan itu.instan apa maksudny?”
100. Mae :”Bukan begitu maksudnya kalao gak kita lakuin kita bakal hancur.”
101. Ibu mariyem : “Hancur apaan maksudnya bagaimana to?”
102. Muslimah :” Begini bu kita sudah berusaha,belajar berdoa untuk kelulusan kita.Tapi,kalao kita tidak melakukan ini bakal tidak lulus”
103. ibu mariyem : “lalu tadi kalian melakukan ritual apa?”
104. Ria :” Manggil arwah orang pinter”
105. Ibu mariyem : “emang kalau udah manggil orang pinter kalian ada jaminan lulus?”
106. semua : (berfikir)
107 Ario :” ya gak sich..”( ragu – ragu )
108. Ibu mariyem :” lalu, kenapa tetap dilaksanakan? Kalian itu punya kemampuan otak. Tetapi malah dipergunakan untuk hal hal yang gak baik. Terus kalau arwahnya datang beneran terus kalian dihantuin terus menerus gimana? Siapa yang bertanggung jawab?”
Mae,Mus,Ria : “Ario”
109. Ario : “apa apaan kalian tu? Ya jangan nyalahin aku sepenuhnya. Kalian kan yang mau?”
110. Ibu mariyam : “nach g ada yang bertanggung jawab kan?”
111. Ria :”kita gak mikir sampe segitunya..”
112. Ibu mariyem : “udah..udah.. jangan saling menyalahkan, anggap saja semuanya salah, sekarng jaman teknologi, jangan nglakuin hal hal yang aneh lagi dech, kalian mengerti kan? Pokoknya belajar yang rajin aja dech..”
113. semua : “okelah kalau begitu” ( serempak )




0 comments:

Post a Comment

Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Firdaus ihsan's blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger